Selasa, 13 November 2012

Mengamankan Account Administrator

Setelah 3 artikel kita berteori tentang keamanan komputer, maka kini saatnya kima masuk pada realisasinya berupa praktek langsung. Perihal keamanan ini komputer ini sebenarnya ada beberapa jalan yang bisa ditempuh. Beberapa pilihan misalnya melalui Control Panel, Group Policy editor, dan Registry Editor. Urutan-urutan ini adalah menurut tingkat kemudahan hingga yang sedikit rumit. Control Panel, Group Policy editor, dan Registry Editor inilah yang akan banyak kita bahas. Jalan pintas sebenarnya jika tidak mau repot, kita bisa menggunakan software tetapi itu tidak saya anjurkan sekarang ini, lebih kita belajar mulai dari bawah.
Oke…kita mulai dari tingkat keamanan paling rendah dan paling mudah dalam mengamankan komputer, yaitu dari Control Panel. Mungkin pernah anda kesal ketika orang menggunakan komputer anda dan membuat perubahan setting yang sudah anda buat? Mengamankan komputer dari tangan-tangan jahil seperti ini dapat anda atasi dengan membuat dua account pada komputer yang satu Account Administrator yang hanya bisa diakses oleh anda dan yang satunya lagi User Account untuk user.
Langkah paling pertama yang harus dilakukan adalah mengamankan Administrator Account dengan password. Untuk apa? Supaya user tidak bisa mengakses sebagai Administrator. Buka [Contorl Panel], cari dan buka [User Account]. Setelah itu cari dan klik [Create new password] dengan asumsi bahwa anda belum memasang pasword. Ikuti langkah-langkah sesuai anjuran sampai selesai.
Sekarang setelah Account Administrator aman, mari kita ciptakan account untuk user. Perhatikan dengan baik langkah-langkahnya;
Untuk Windows Vista;
  1. Buka Control Panel.
  2. Buka User accounts.
  3. Cari dan klik tulisan [Parental Controls] pada sudut kiri bawah monitor anda.
  4. Klik tulisan [Create a new user account]
  5. Tulis nama new user pada kolom kosong.
  6. Hilangkan tanda centang pada [user must set password at next logon] supaya user baru bisa langsung logon tanpa password.
  7. Klik [create new account].
  8. Pada jendela selanjutnya, dibawah kolom [Parental Controls] klik tulisan [on, enforce current setting].
Catatan ; pada langkah ini anda bisa mengeset batas-batas kekuasaan seorang user jadi silahkan baca pilihannya dan buatlah setting menurut kemauan anda. Jika anda ingin menggunakan setting default saja maka silahkn langsung pada langkah 8 di bawah.
9. Klik [Ok] dan proses selesai.
Untuk Windows XP;
  1. Buka Control Panel.
  2. Buka User accounts.
  3. Klik tulisan [Create a new account]
  4. Tulis nama new user pada kolom kosong, lalu klik [Next].
  5. Pada [Pick an account type] pilih [Limited] untuk membatasi hak user.
  6. Klik [create account].
Nah sampai disini keamanan komputer anda setingkat lebih aman daripada sebelumnya. Pertanyaanku adalah apakah komputer anda sekarang benar-benar aman? Hehehe beluuuum karena tips di atas hanya aman untuk kelas pemula, tetapi tidak cukup aman untuk kelas administrator menengah keatas. Ikuti terus artikel-artikel topik keamanan komputer ini.
Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar